Artikel

TRADISI MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI DESA DEMIT

10 November 2019 12:22:48  Admin  407 Kali Dibaca  Berita Desa

demit-jatirogo.desa.id - Tepat pada malam sabtu tanggal 8 November 2019 atau  malam 12 Robi'ul Awwal 1441 H  bertempat di Masjid Al Falah Desa Demit  Kecamatan Jatirogo Tanggal di mana hari Kelahiran Nabi Muhammad Saw. Turut hadir dalam acara tradisi Maulid nabi Muhammad  Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, tokoh Agama, Karang Taruna, serta Jamaah Tahlil Desa Demit.

Dimulai Tepat Setelah Sholat Mahgrib  Pembacaan  shalawat atau Syair - Syair dari  sejarah nabi Muhammad Saw yang di bacakan bergantian satu dengan yang lain dimana untuk menyambut datangnya bulan istimewa itu.dimana yang hadir sangat antusias untuk mendengungkan Shalawat.

Tradisi maulid di selenggarakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw manusia paling mulia.dari istilah maulud melahirkan istilah kosa kata kata baru yang masyarakat jawa pada khususnya yaitu mulud untuk menyebut bulan Rabi'ul Awwal.peringatan hari kelahiran rasulullah melalui tradisi pembacaan shalawat berkembang di tengah komunitas muslim di indonesia.

Hal ini di tunjukan dengan banyaknya komunitas hadrah maupun kegiatan bershalawat di beberapa kota sampai ke pelosok desa.masyarakat yang melakukan tradisi shalawat ( maulid ) ini adalah kelompok muslim tradisional atau kultural.tradisi pembacaan maulid bersama (baca : Selamatan ) ini sudah lama di miliki bangsa indonesia.

pertama, di lakukan pada hari-hari keagamaan seperti selamatan setelah Haji, sasi maulid, bakda syawal, dan ramadan dan lain-lain di mana untuk memeriahkan shalawatan.kedua, selamatan ini di gelar di masyarakat pada umumnya waktu ada brokohan, puput puser dan lain-lain.ketiga, selamatan ini untuk kepentingan menjaga harmoni manusia dengan alam seperti sedekah bumi, dan tahlil.

Tradisi pembacaan maulid tidak hanya mengajarkan bagaimana mencintai nabi Muhammad saw tetapi juga untuk menjadikan berahlak mulia sebagaimana yang di contohkan nabi Muhammad saw baik dalam bidang sosial, agama, ekonomi, politik dan budaya.di samping itu majelis maulid itu juga menjadi sarana solidaritas lintas komunitas untuk mewariskan nilai-nilai ke indonesiaan.

Kegiatan ini mengkondisikan sebuah amal shaleh bagi jamaah yang mengikutinya dan ini juga sebagai kebanggan tersendiri untuk warga masyarakat Desa Demit Kecamatan Jatirogo  sehingga  tradisi semacam ini tidak luntur dan hilang sendirinya.dan akhirnya  selesai dan berakhir sekitar  pukul 21.00 berjalan lancar dan meriah.( admin )

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Desa Demit Kecamatan Jatirogo
Desa : Demit
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : demitsmartvillage7585@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1
    Kemarin:586
    Total Pengunjung:241.670
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.232.127.73
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 43.960 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 42.448 Kali
Sejarah Desa
26 Agustus 2016 | 42.298 Kali
Wilayah Desa
29 Juli 2013 | 42.286 Kali
BPD
24 Agustus 2016 | 42.281 Kali
Pemerintah Desa
30 April 2014 | 42.275 Kali
Redaksi
07 November 2014 | 42.273 Kali
BUM Desa