Artikel

PEMBINAAN GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT ( GERMAS ) TINGKAT DESA

14 Oktober 2022 13:45:27  Admin  583 Kali Dibaca  Berita Desa

demit-jatirogo.desa.id - Hari ini Jum'at tanggal 14 Oktober 2022 bertempat di kantor Balai Desa Demit, Unit Organisasi Bersifat Fungsional Pusat Kesehatan Masyarakat (UOBF PUSKESMAS)  Jatirogo kembali mengadakan kegiatan Pembinaan dan Pembentukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tingkat Desa untuk Tahun 2022. Kegiatan Pembinaan dan Pembentukan GERMAS merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Jatirogo.

     Turut hadi dalam Kegiatan tersebut dari Pemerintah Desa Demit,BPD,Staf Puskesmas Jatirogo,Babinsa,Babinmas,Rt,Rw,Tokoh Agama serta Kader Desa yang berlangsung Mulai Pukul 09.00 Sampai Selesai.

Dalam sambutanya Pj Kepala Desa Demit Mochamad Zainy,Sh 'Berujar Bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini rangkaian kegiatan Tahunan Puskesmas Jatirogo.melalui Germas ini di harapkan mampu meningkatkan betapa pentingnya Hidup sehat,dan Mohon Maaf hari ini agak telat karena pagi ini ada beberapa agenda yang bersamaan Mulai Pagi tadi Kegiatan Pembelajaran Di luar Kelas SMP 1 Jatirogo yang dalam hal ini Mewancarai Kita Tentang agenda Bulan ini,Pilkades Serentak"imbuhnya.

Selaku Pemateri Sekaligus Pemegang Program Promosi Kesehatan dari Puskesmas Jatirogo,Ibu Dian Retno Wiyanti, S.KM  mengatakan GERMAS sangat penting dalam menunjang kesehatan dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu UOBF Puskesmas Jatirogo secara rutin dan berkala menyelenggarakan pembinaan di seluruh Desa yang berada di wilayah kerjanya dan ada beberapa point utama dalam merealisasikan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari. Point utama dalam melaksanakan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari adalah :

1. Melakukan aktivitas fisik
2. Mengkonsumsi sayur dan buah
3. Tidak merokok
4. Tidak mengkonsumsi alkohol
5. Memeriksa kesehatan secara rutin
6. Membersihkan lingkungan
7. Menggunakan jamban

    Lebih lanjut Dian memberikan penjelasan selain tujuh point diatas dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika dilanggar oleh masyarakat. Diantaranya adalah resiko obesitas bagi yang kurang gerak untuk aktivitas fisik, Kanker paru-paru, serangan jantung dan bahkan kematian bagi yang sering merokok dan minum minuman beralkohol. Makan gorengan dan minum air dingin secara berlebihan dan terus menerus juga tidak baik bagi tubuh dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal, imbuhnya.

     Dengan adanya Pembinaan dan Pembentukan GERMAS ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan disekitarnya. Karena lingkungan yang bersih adalah awal dari hidup yang sehat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Desa Demit Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban
Desa : Demit
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : demitsmartvillage7585@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:318
    Kemarin:394
    Total Pengunjung:454.012
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.211.26.178
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 45.279 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 43.095 Kali
Sejarah Desa
29 Juli 2013 | 42.964 Kali
BPD
24 Agustus 2016 | 42.867 Kali
Pemerintah Desa
26 Agustus 2016 | 42.850 Kali
Wilayah Desa
30 April 2014 | 42.839 Kali
Profil Potensi Desa
07 November 2014 | 42.824 Kali
BUM Desa