Artikel

PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ( P5 ) SMP 1 JATIROGO DI DESA DEMIT

14 Oktober 2022 10:18:14  Admin  298 Kali Dibaca  Berita Desa

demit-jatirogo.desa.id - Pada hari ini Jum'at Tanggal 14 Oktober 2022 bertempat di Balai Desa Demit Telah di adakan Kegiatan Kunjungan dari SMP 1 Jatirogo berbasis Penerapan Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) di luar Sekolah.dengan melakukan Wawancara dengan tema Pelaksanaan PILKADES Desa Demit.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri Perwakilan Pemdes, Ketua BPD,Panitia Pilkadees,Guru Pengajar SMP 1 Jatirogo, serta siswa-siswi Perwakilan SMP 1 Jatirogo.

Dalam Sambutanya Pj Kepala Desa Demit Mochamad Zainy,Sh Dalam Sambutanya mengatakan Bahwa Sistem pembelajaran di luar Kelas atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ).dimana di dalam pembelajaran tersebut menggunakan pendekatan berbasih projek ( prokjek-based learning) dimana memberikan kesempatan siswa peserta didik baru untuk belajar dalam situasi tidak formal,struktur belajar yang fleksibel,yang terlibat langsung di lingkungan sekitar yang hari ini bertepat di desa ada Kegiatan PILKADES Serentak.

Lebih lanjut Pak mad sapaan akrabnya, Sangat Berterima Kasih Banyak  Kepada SMP 1 Jatirogo atau yang mewakili dan Siswa-siswi SMP 1 Jatirogo karena apa,? Kunjungan ini merupakan Jalinan Silaturrohim antar Lembaga Pendidikan dan Pemerintah Desa dan stakholder"imbuhnya.

Di Kutip dari halaman Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bahwa Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Prinsipnya Yaitu.

Holistik.

Holistik bermakna memandang sesuatu secara utuh dan menyeluruh, tidak parsial atau terpisah-pisah. Dalam konteks perancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, kerangka berpikir holistik mendorong kita untuk menelaah sebuah tema secara utuh dan melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk memahami sebuah isu secara mendalam. Oleh karenanya, setiap tema projek yang dijalankan bukan merupakan sebuah wadah tematik yang menghimpun beragam mata pelajaran, namun lebih kepada wadah untuk meleburkan beragam perspektif dan konten pengetahuan secara terpadu. Di samping itu, cara pandang holistik juga mendorong kita untuk dapat melihat koneksi yang bermakna antarkomponen dalam pelaksanaan projek, seperti peserta didik, pendidik, satuan pendidikan, masyarakat, dan realitas kehidupan sehari-hari.

    Kontekstual


Prinsip kontekstual berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian. Prinsip ini mendorong pendidik dan peserta didik untuk dapat menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran. Oleh karenanya, satuan pendidikan sebagai penyelenggara kegiatan projek harus membuka ruang dan kesempatan bagi peserta didik untuk dapat mengeksplorasi berbagai hal di luar lingkup satuan pendidikan. Tema-tema projek yang disajikan sebisa mungkin dapat menyentuh persoalan lokal yang terjadi di daerah masing-masing. Dengan mendasarkan projek pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian, diharapkan peserta didik dapat mengalami pembelajaran yang bermakna untuk secara aktif meningkatkan pemahaman dan kemampuannya.

Berpusat pada Peserta Didik


Prinsip berpusat pada peserta didik berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri. Pendidik diharapkan dapat mengurangi peran sebagai aktor utama kegiatan belajar mengajar yang menjelaskan banyak materi dan memberikan banyak instruksi.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Desa Demit Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban
Desa : Demit
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : demitsmartvillage7585@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:317
    Kemarin:333
    Total Pengunjung:421.007
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.222.242.27
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 45.139 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 42.957 Kali
Sejarah Desa
29 Juli 2013 | 42.749 Kali
BPD
26 Agustus 2016 | 42.734 Kali
Wilayah Desa
24 Agustus 2016 | 42.725 Kali
Pemerintah Desa
30 April 2014 | 42.719 Kali
Profil Potensi Desa
07 November 2014 | 42.704 Kali
BUM Desa