TRANSFORMASI DIGITAL,MEMBANGUN WEBSITE DENGAN SIDEKA

  • Sep 20, 2024
  • admin
  • PEMERINTAHAN

demit-berita ,- Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali platform-platform digitalisasi baik itu dari swasta maupun dari pemerintah.salah satu diantaranya adalah platform wesite desa tentu setiap saat selalu berubah dan meng apdet fitur-fitur tersebut.Transformasi digital desa menawarkan beragam Fitur digital untuk perbaikan layanan masyarakat. itu merujuk pada integrasi teknologi digital ke dalam semua aspek.

Sistem Informasi Pelayanan Desa merupakan sebuah Sistem Informasi dan Pelaporan Elektronik untuk Pemerintahan Desa, dengan sistem ini diharapkan Pemerintahan Desa dapat memaksimalkan proses pelayanan terhadap masyarakat. Sistem Informasi Pelayanan Desa dibangun sesuai dengan, UU No.6 tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Kemendagri No.32 tahun 2006 tentang Pedoman Administrasi Desa, Permendagri No.2 Tahun 2017, dan Perpres No 39 Tahun 2019 tentang Kebijakan Satu Data Indonesia.

Tepat Pada hari Rabu  (18/9/2024) pukul 09.00 Wib bertempat di Pendopo Kecamatan Jatirogo  diselenggarakan Bimtek Website SIDEKA- oleh Diskominfo Kabupten Tuban yang mengundang kehadiran seluruh operator Website Desa se Kecamatan Jatirogo.

'Pada akhir tahun 2021 Kementerian Desa melakukan kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melaunching Content Management System atau yang lebih dikenal dengan sebutan CMS. Walaupun sudah dilakukan launching, namun program kerjasama antar dua Kementerian tersebut tidak serta merta langsung diterapakan untuk semua Desa. Barulah pada tahun 2023 Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Tuban melangkah untuk mensosialisasikan CMS baru untuk Website Desa di 10 Kecamatan yang ada di kabupaten Tuban. Kemudian di Tahun 2024 ini dilanjutkan kembali untuk melakukan sosialisasi di 10 Kecamatan lagi,ungkap  Fahrur Rozi, S.T,MM selaku pranata komputer ahli dari Dinas Kominfo saat memberikan materi. 

Aplikasi SIDEKA merupakan solusi teknologi informasi yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan pelayanan publik di tingkat desa dan kelurahan. operator desa diberikan penjelasan mendetail tentang cara menggunakan aplikasi SIDEKA . Mereka diberikan pelatihan untuk mengunggah berita,konten yang lain bisa juga data penduduk, mengelola keuangan desa, serta membuat laporan administrasi desa secara elektronik. Dalam proses pelatihan, operator desa juga dibimbing untuk memahami pentingnya keamanan data dan privasi penduduk dalam penggunaan aplikasi ini.

Sumarno, S.Pd,M.M selaku Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika berujar, melalui acara pelatihan ini, berharap agar operator desa mampu mengoptimalkan penggunaan aplikasi SIDEKA secara efektif. Dengan pemanfaatan teknologi ini, diharapkan pelayanan administrasi desa dapat ditingkatkan serta membantu masyarakat dalam memperoleh akses yang lebih mudah dan cepat terhadap pelayanan publik.(Eyd-Dmt).