24 Maret 2019 21:05:52
Ditulis oleh Admin

DEMIT SENTRA INDUSTRI BATU BATA DI WILAYAH JATIROGO

demit-jatirogo.desa.id.  Dalam kurun waktu kurang lebih  hampir 20 tahun sentra batu merah di Desa Demit Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban sudah di kenal masyrakat di sekitar wilayah jatirogo,kenduruan,bangilan,senori dan hampir di kenal penjuru daerah.bahkan sebagian besar penduduk desa demit menggantungkan hidup dari hasil membuat batu bata nerah.

Pembuatan batu bata merah di Desa Demit ini bisa menggunakan alat tradisional maupun modern tentu hasilnya sangat bagus.batu bata produk dari desa demit ini lebih kuat dari pada batu bata yang lain karena bentuknya padat dan bakarnya menggunakan kayu jati ( brongkol ) sehingga menghasilkan batu bata dengan kwalitas bagus.

Dalam proses pembuatan batu bata merah di desa demit ini sangat lama dan prosesnya bertahap mulai dari pembuatan ( cetak ) kemudian Pengeringan yang mana membutuhkan Waktu Hampir Dua minggu setelah itu baru dibakar di masukan ditempat bakar ( jubung ) dan ini pun prosesnya butuh hampir tiga hari dua malam tengantung muatan tempat Bakarnya ( jubung ).

untuk di wilayah Jatirogo sendiri bermacam-macam tekstur tanah untuk bahan batu bata. dan salah satunya di Desa Demit tekstur tanah nya berwarna merah padat yang bagus di gunakan batu bata.


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus