15 Agustus 2019 17:57:29
Ditulis oleh Admin

SOSIALISASI DAN PELAYANAN INPEKSI VISUAL DENGAN ASAM ASETAT ( IVA ) PUSKESMAS JATIROGO

demit.jatirogo.desa.id -  Inpeksi Visual Dengan Asam Asetat atau yang disebut IVA merupakan cara Pemeriksaan leher rahim ( serviks ) dengan cara melihat langsung ( dengan mata telanjang  ) leher rahim dengan cara memulas dengan larutan asam asetat 3- 5 %. tentu pemeriksaan IVA ini untuk mengurangi mordibitas dan mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus kasus yang di tentukan dan untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim.

Caranya untuk melihat tersebut dengan memasang spekulum melihat langsung leher rahim yang telah di pulas dengan larutan asam asetat 3 - 5 % jika ada perubahan warna atau tidak mencul plak putih, maka hasil pemeriksaan di nyatakan negatif sebaliknya jika leher rahim berubah warna menjadi merah dan timbul plak putih maka di nyatakan positif lesi atau kelainan pra kanker.

Keuntungan Pemeriksaan mudah,praktis,dan murah, dapat dilaksanakan oleh tenaga kesehatan,alat yang di butuhkan cukup sederhana, memberikan hasil segera sehingga dapat di ambil keputusan mengenai penatalaksanaanya.tentu syarat untuk mengikuti IVA yaitu sudah pernah melakukan hubungan seksual,tudak sedang haid, tidak sedang hamil dan 24 jam sebelumyan tidak melakikan hubungan seksual.

Untuk tempat Pelayanan IVA bisa di laksanakan ditempat- tempat pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pemeriksaan dan yang bisa melakukan pemeriksaan IVA di antaranya , Bidan, perawat terlatih,dokter umum, dan dokter spesialis obgyn.

 

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus