15 Agustus 2019 18:58:11
Ditulis oleh Admin

MELINDUNGI WANITA DARI BAHAYA KANKER LEHER RAHIM DAN KEGUNAAN PAP SMEAR

demit-jatirogo.desa.id - kangker leher rahim ( kangker servik ) merupakan tumor ganas yang paling di jumpai pada wanita yang angka kejadianya paling banyak.dimana tumor ganas yang mengenai lapisan permukaan dari leher rahim atau mulut rahim  dimana sel - sel permukaan tersebut mengalami penggadaan dan berubah sifat tak seperti sel yang normal.

Gejala kangker serviks pada tahap awal tidak ada gejala atau rasas sakit, kangker tersebut lebih lanjut memberikan gejala, keputihan yang berbahu, pendarahan pada vagina,pendarahan setelah berhubungan , nyeri panggul, dan pendarahan pasca menopouse.

Penyebab kangker serviks belum di ketahui secara pasti namun ada faktor resiko terjadinya kangker serviks yaitu hubungan seks di usia muda, berganti pasangan, kurang menjaga kebersihan kelamin, sering menderita infeksi kelamin, dan infeksi virus herpes dan human papiloma virus tertentu.

Perjalanan penyakit ini mulai dari Stadium pra Kangker dimana stadium ini belum ada gejala tetapi sudah ada kelainan, kemudian Stadium Praklinik  pada stadium ini sudah didapatkan kelainan jaringan yang memenuhi kreteria, dan stadium klinik pada stadium ini sudah di dapatkan keluhan dari penderita.

Sedangkan PAP SMEAR kegunaanya sebagai suatu cara pemeriksaan yang di gunakan untuk skrening ,membantu diagnosa keberadaan serviks dan kemungkinan penyebabnya, membantu dalam pemantauan hasil pengobatan.

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus