18 September 2019 12:34:01
Ditulis oleh Admin

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA DEMIT ( MUSRENBANGDES) TAHUN ANGGARAN 2020

demit-jatirogo.desa.id - Bertempat di Pendopo Kantor Balai Desa Demit telah di selenggarakan Musyawarah Perencanaan pembangunan Desa ( Musrenbangdes ) tingkat Desa.dimana dalam musrenbang tersebut umtuk menyepakati Rencana Kegiatan Pembangunan Desa ( RKPdes) tahun yang akan di rencanakan.

Kegiatan tersebut telah di hadiri Forkopimka,Pemerintah Desa, Pendamping desa, Unsur BPD,Unsur LPMD,Bidan Desa, unsur pendidik, Tokoh masyarakat, Tokoh agama.Setiap desa di amanatkan untuk menyusun Dokumen rencana 6 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen  Rencana Kegiatan pembangunan Desa ( RKP ).

Musrembang adalah program perencanaan pembangunanyang di laksanakan oleh LembagaPublik yaitu Pemerintah Desa bekerja sama dengan warga dan pemangku kepentingan lainya. musrembang yang bermakna  kemajuan desa dengan cara memotret potensi dan sumber - sumber pembangunan yang  ada di desa.

Kepala Desa Demit Ibu Irkhamni Menyampaikan bahwa Hasil dari Musrenbang nanti tentu yang kita realisasikan  skala prioritas untuk kepentingan bersama dan bermanfaat bagi warga.sehingga semua unsur yang terkait harus saling bersenergi dalam membangun desa. lebih lanjut Ibu Irkhamni mengatakan mohon dukungan dari Stakholder yang ada di desa demi suksesnya visi misi Kepala Desa.karena perencanaan pembangunan tidak akan berhasil tanpa peran serta masyarakat didalamnya.

Perwakilan Kecamatan yang mana Pada kesempatan ini di wakili oleh Kasi PMD yaitu bapakPrawito menyampaikan bahwa Untuk Penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa  jangan Terfokus dengan Pembangunan namun Pemberdayaaan juga perlu di perhatikan mengingat permasalahan-permasalahan di masyarakat sangat komplek.

Disisi lain Pak Ahmad Toharudin selaku pendamping Dana Desa dari kabupaten  menyampaikan beberapa hal yang perlu di perhatikan terutama isu nasional yaitu stunting bahasa umumnya Kerdil,Pendek atau kurang gizi.maka untuk menurunkan  itu perlu dukungan dari Pemerintah Desa,kader Posyandu dan Peran aktif Kepada waraga.

Sambutan Selajutnya Pak Bambang  sapaan akrab Beliau selaku Pendamping APBdes juga mengatakan Perencanaan Pembangunan itu jangan terfokus  pada Fisik namun juga non fisik diperhatikan.

Tujuan Musrenbang Desa tersebut.

- Menyusun Prioritaskebutuhan / masalah yang akan di jadikan kegiatan untuk penyusunan RKP desa yang mana prioritas kegiatan tersebut akan di laksanakan desa sendiri dan di biayai oleh APBdes yang bersumber dari Alokasi Dana Desa dan dana Desa.

- Menyiapkan prioritas masalah yang ada di desa yang akan di usulkan melalui Musrenbang Kecamatan untuk menjadi kegiatan pemerintah daerah ( UPTD dan SKPD ).

Setelah di lakukan pembahasan, usulan-usalan dari masyarakat,dan diskusi tersebut selanjutnya seluruh peserta musrenbang desa menyetujui dan menjadi keputusan akhir . (admin )

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus