02 Oktober 2019 12:31:40
Ditulis oleh Admin

SEJARAH HARI BATIK NASIONAL

demit-jatirogo.desa.id - Bertepatan hari ini rabu Tanggal 2 Oktober tahun 2019 dimana Hari batik Nasional yang di akui Dunia oleh UNESCO.Kenapa di pilih tanggal 2 Oktober ?

Sejarah Hari Batik Nasional berawal pada saat Batik di tetapkan dalam sidang ke empat Komite antar Pemerintah Tentang warisan budaya Tak-Benda yang di selenggarakan UNESCO di Abu Dhabi Tepat Pada Tanggal 2 Oktober 2009.di dalam sidang tersebut, Batik resmi masuk Kedalam Karya Agung Budaya lisan dan Tak benda warisan Manusia di UNESCO.

Dari tanggal penetapan tersebut yang mendasari pemerintah indonesia untuk menetapkan tanggal 2 oktober sebagai Hari Batik Nasional. setelah batik di akui oleh UNESCO, Presiden Waktu itu Bapak Susilo Bambang  Yudhoyono saat itu membuat keputusan Presiden ( kepres ) Hari Batik Nasional dimana Hari batik Nasional ditetapkan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 yang isinya :

-  Kesatu  : Tanggal 2 Oktober Ddi tetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

- Kedua    : Hari Batik Nasional bukan merupakan hari libur.

- Ketiga     : Keputusan ini berlaku pada tanggal di tetapkan.

Asal usul-usul  Kata Batik ;

Secara etimologis, kata batik berasal dari bahasa Jawa, yakni " AMBA"yang memiliki arti  "Menulis " dan "Tik" yang memiliki arti " Titik ". dari perbaduan dua kata tersebut kemudian hingga saat ini berkembang menjadi istilah " BATIK".

Batik mulai diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto yang pada saat itu mengenakan batik di Konferensi PBB. maka sejak itu Batik semakin di kenal luas dan dunia.

Sumber : https://tirto.id

 

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus