23 November 2019 10:31:17
Ditulis oleh Admin

PUSKESMAS JATIROGO GELAR MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA ( MMD ) DI DESA DEMIT

demit-jatirogo.desa.id - Bertempat di Pendopo kantor Balai Desa Demit Kecamatan Jatirogo Puskesmas jatirogo melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa ( MMD ). karena Puskesmas Merupakan Fasilitas Kesehatan tingkat  Pertama yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu wilayah Kecamatan.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan Puskesmas Jatirogo,Pemerintah Desa Demit, Kader Posyandu,dan Ibu-ibu PKK serta ibu-ibu dari perwakilan di Desa Demit.

Kepala Desa Demit Ibu Irkhamni Berpesan Bahwa Kesehatan Itu penting maka dari itu marilah kita jaga kebersihan baik dari diri kita sendiri maupun di lingkungan sekitar dan lanjut Ibu Ir sapaan akrab beliau sangat berterima Kasih Kepada Puskemas Jatirogo yg mana Agenda ini tidak berhenti begitu saja untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepedulian masyarakat dalam hal ini menjaga kesehatan dari hal-hal yang sederhana.

Dari  Pemateri Puskesmas jatirogo mengatakan Agar puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik maka puskesmas harus menyusun rencana kegiatan dengan mempertimbangkan hasil analisa dan sisi pandang masyarakat yang di lakukan melalui Survei Mawas Diri ( SMD ).

Survei Mawas Diri ( SMD ) adalah Kegiatan untuk mengenali keadaan dan masalah yang di hadapi masyarakat serta potensi untuk memecahkan masalah, mengambil sampel dari masing-masing posyandu yang ada di Dusun Krajan,Dusun Blimbing, dan Dusun Kutu. jumlah total responden Kurang Lebih 300 Responden.

Hasil Survei Mawas Diri ( SMD) yang Pertama Akses Pelayanan 65,7 %  di Puskesmas ,dan sarana  tranportasi 98,1 % sepeda montor serta 83,8 % masih banyak masyarakat Desa Demit belum mempunyai asuransi Kesehatan.Selanjutnya KIA hasil Surveinya 94,3 % Penolong Bersalinnya di Bidan, dan hampir 56,7 % tempat melahirkanya di bidan Praktek mandiri.

Survei selanjutnya KB di mana 71,4 % menggunakan ( pil,suntik,kondom). dan selanjutnya dari survei GIZI di Desa Demit 97,6 % rata -rata datang ke pusyandu setiap satu Bulan sekali, selanjutnya KESLING hasil survei yg paling besar 91,4 desa demit punya jamban Keluarga, selanjutnya Survei P2 ini dalam 3 bulan terakhir anggota keluarga yg mengalami gangguan sebanyak batuk pilek sebanyak 32,9 dan diare 11,9 % lainya Demam tifus.

Hasil Survei selanjutnya PROMKES  untuk masyarakat Desa Demit 100,0 % Menggunakan air Bersih, cuci tangan 95,7 % ,jamban sehat 98,6 % , makan buah dan sayur 98,6, dan merokok di dalam rumah sebanyak 76,2 %.

Sehingga identifikasi masalah  prioritas untuk Desa  Demit yang uatama  ada 3  yaitu Tempat pembuangan Sampah Umum, MKJP, dan Jamban Keluaraga, selanjutnya perwakilan Desa secara bersama -sama menggali dan memecahkan masalh kesehatan sehingga muncul berbagai usulan rencana kegiatan untuk tahun 2020.

Pendanaan untuk berbagai macam usulan kegiatan program kesehatan ini di harapkan juga bersenergi dengan pemerintah desa sehinggaa harapanya tercaver semua dan untuk mensuport program kesehatan yg urgent  bukan dari puskesmas aja namun juga di butuhkan masyarakat melalui Alokasi Dana Desa (ADD).( admin )

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus