Artikel

PERLUKAH MERAYAKAN KEMERDEKAAN ?

21 Agustus 2023 10:35:36  Admin  134 Kali Dibaca  Berita Desa

demit-jatirogo.desa.id-Sudah menjadi kebiasaan di seluruh negeri, setiap bulan Agustus, dimana-mana semarak merayakan kemerdekaan. Bendera merah-putih berkibar dimana-mana. 

Acara-acara khusus yang menjadi bagian dari perayaan itu diadakan untuk menyambut bulan bebasnya negeri ini dari belenggu penjajahan. Perayaan tersebut dilakukan baik secara kolektif maupun mandiri. Namun demikian, sudahkah kegiatan-kegiatan itu mewakili dalam menghargai jasa pahlawan?

Untuk memahami apakah kegiatan tersebut menjadi bentuk penghargaan terhadap jasa pahlawan atau tidak, mari kita uraikan satu per satu. Pertama, kebiasaan umum yang terjadi di setiap tempat adalah mendekorasi kampung atau desa. 

Biasanya gapura kampung akan diperbarui, entah dengan membuatnya kembali atau mempermaknya saja. Lalu, umbul-umbul akan dipasang di sepanjang jalan. Terkadang bendera merah-putih kecil-kecil akan dipasang berjajar melintang di jalan. Setiap warga akan memasang bendera merah putih di depan halaman rumahnya. Selain itu, pernak-pernik lain yang umumnya bercat merah putih pun akan menjadi bagian penting dari dekorasi kampung.

Kebiasaan yang kedua adalah mengadakan lomba-lomba tertentu, entah sebagai perlombaan yang serius atau hanya sebatas kegembiraan. Lomba-lomba tersebut diikuti oleh hampir semua kelompok umur. Lomba-lomba untuk anak kecil biasanya seperti gigit kelereng, makan kerupuk, balap karung, dan lomba-lomba unik lainnya. 

Namun lomba-lomba jenis itu tidak menutup kemungkinan diadakan untuk orang dewasa. Sedangkan orang-orang yang lebih dewasa akan mendapat jatah lomba yang kadang lebih serius seperti bola voli, sepak bola, atau tenis meja. Kendati demikian, lomba-lomba yang serius ini terkadang dijadikan sebagai lucu-lucuan.

Dekorasi dan lomba-lomba itu,diadakan untuk menyambut acara puncak kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus.

 Pada acara puncak ini, yang paling pasti adalah upacara hari kemerdekaan. Sementara itu, banyak daerah yang juga mengadakan acara tambahan untuk memeriahkanya.    

Demikian pula dengan perlombaan yang mereka adakan.

Kesibukan di bulan Agustus hari ini,cukup berbeda dengan bulan Agustus sebelum tahun 1945. Meski  tidak mengalami kehidupan pada masa itu, namun dapat memastikan bahwa tempat-tempat di negeri ini tidak mendekorasi kampung, mengadakan perlombaan, upacara pada tanggal 17 Agustus, dan mengadakan pentas kesenian rakyat. 

            

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Desa Demit Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban
Desa : Demit
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon :
Email : demitsmartvillage7585@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:33
    Kemarin:1.097
    Total Pengunjung:433.408
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.201.71
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 45.184 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 42.995 Kali
Sejarah Desa
29 Juli 2013 | 42.785 Kali
BPD
26 Agustus 2016 | 42.766 Kali
Wilayah Desa
24 Agustus 2016 | 42.761 Kali
Pemerintah Desa
30 April 2014 | 42.754 Kali
Profil Potensi Desa
07 November 2014 | 42.736 Kali
BUM Desa